Tujuan : Mempersiapkan mahasiswa Politeknik ATI Makassar untuk mengikuti  lomba robotik dengan target prestasi juara dan mengembangkan riset terapan bidang teknik elektro khususnya mikrokontroller dan robotika

  • Tahun berdiri : 2015
  • Pembina             : Direktur Politeknik ATI Makassar
  • Menejer Klub      : Yuriadi
  • Tim Pelatih          : – Tino Suhaebri – Zainal Akbar
  • Alamat : Powertech Robotic Club (PRC) Laboratorium Teknik Tenaga Listrik (TTL) Politeknik ATI Makassar Gedung Laboratorium Lantai 3 Jalan Sunu No. 220 Makassar Telp : (0411) 449867
  • Email : prc.poltekatim@gmail.com
  • Instagram : https://www.instagram.com/prc.poltek.atim/

 

 

Deskripsi Singkat :

Sebagai salah satu negara yang bergerak menuju negara industri kuat dan maju di tahun 2030, Indonesia mulai turut ambil bagian dalam perkembangan teknologi dunia. Salah satu teknologi yang sedang berkembang adalah teknologi otomasi industri bidang robotika. Politeknik ATI Makassar sebagai salah satu institusi pendidikan vokasi bidang industri terbaik di Indonesia Timur, harus mampu turut ambil bagian dalam perkembangan teknologi tersebut. Terlebih lagi bagi mahasiswa D3 Jurusan Otomasi Sistem Permesinan/Teknik Elektro Industri, karena jurusan ini adalah jurusan yang berbasis teknologi otomasi.

Jurusan Teknik Otomasi Sistem Permesinan (OSP) merupakan salah satu jurusan yang ada di Politeknik ATI Makassar. Melalui jurusan Otomasi Sistem Permesinan ini diharapkan lahir kader – kader unggulan bidang sistem otomasi di dunia industri nasional maupun global. Demi membentuk kader yang kompeten perlu proses tambahan pembinaan dengan mengikuti serangkaian pelatihan pada konsentrasi kompetensi bidang yang dikembangkan dengan menyesuaikan terhadap perkembangan teknologi terkini (up date). Pelatihan (training) yang dilaksanakan tersebut terwadahi dan diusahakan oleh Laboratorium Teknik Tenaga Listrik (TTL) Politeknik ATI Makassar dalam bentuk kegiatan ekstrakurikuler (dengan pelaksanaan kegiatan di luar jam perkuliahan wajib) berupa komunitas atau klub robotik yakni “Powertech Robotic Club (PRC)”.

Tujuan dari pembentukan komunitas/klub ini adalah mempersiapkan mahasiswa jurusan OSP untuk mengikuti lomba robotik dengan target prestasi juara dan mengembangkan riset terapan bidang mikrokontroller dan robotika. Untuk mencapai tujuan tersebut maka klub telah merancang pelatihan (training) berkelanjutan di bidang mikrokontroler dan robotika serta merintis kegiatan seri mini-workshop dengan topik-topik pilihan dan terkini bidang riset terapan otomasi khususnya yang menggunakan piranti mikrokontroler beserta kelengkapannya.

Dari kegiatan pelatihan terbatas ini, PRC ikut aktif dalam berbagai kompetisi baik bertaraf regional hingga nasional, dengan hasil prestasi di antaranya, Juara 4 dan Strategi Terbaik ajang Java Robot Contest (JRC) 8 2017 di PENS Surabaya, Juara 3 Kategori Humanoid padaajang Sulawesi Sprint Robot Contest 2016 di Univ. Hasanuddin Makassar, Juara 3 Pada Celebes Robot Contest 2015 di Univ. Hasanuddin Makassar, Juara 2 Bidang Elektronika Pada Seleksi Daerah Asean Skills Competition (ASC) 2017 Prov. Sulawesi Selatan, Juara 1 Bidang Instalasi Listrik Pada Seleksi Daerah Asean Skills Competition (ASC) 2017 Prov. Sulawesi Selatan.

Selain dari kegiatan pembinaan dan pelatihan robotika bagi mahasiswa, PRC juga sering mengadakan event lomba berskala regional Kota Makassar dan sekitarnya. PRC mengadakan kegiatan  lomba Line Follower Robot Contest (LFRC) Pada Event Makassar International Eight Festival and Forum (F8), yang merupakan festival terbesar yang diselenggarakan oleh pemerintah kota makassar, pada tanggal 6 – 10 September 2017 di Pantai Losari Makassar. Sifat kegiatan ini adalah lomba dan eksebisi robotika bagi khalayak masyarakat umum kota Makassar.

PRC juga terlibat dalam kegiatan penelitian bekerja sama dengan pihak Kampus Politeknik ATI Makassar, yang melibatkan dosen dan mahasiswa. Dari hasil penelitian ini tim PRC berhasil memperoleh grant hibah penelitian Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri (Pusdiklat) Kementerian Perindustrian melalui judul “Alat Pemilah Buah Otomatis Dengan Teknologi Computer Vision” tahun 2016  dan pada tahun 2017 (sedang berjalan) melalui penelitian berjudul “Robot Edukasi Berbasis Teknologi Graphical User Interface” dan kolaborasi dengan Tim dosen Teknik Manufaktur Industri Agro (TMIA) untuk penelitian dengan judul “Rancang Bangun Traktor Tanpa Awak (Autonomous) Dengan Kendali Global Positioning System (GPS)”.